Jumat, 15 Oktober 2010

S.Psi bagi saya :)

PSI-KO-LO-GI.

sejak kapan yah gw jadi suka ilmu psikologi? mungkin sejak gw liat guru-guru BK di skolah gw dulu. kerjanya mereka (di mata gw) lebih unik dibanding guru-guru laen. kalo guru-guru laen cuma punya kantor guru sebagai wilayah teritori mereka, tapi guru BK punya ruangan sendiri. hahaha :)

yah bukan masalah punya-ruangan-sendiri sih yang bikin gw tertarik sebenernya. gw ngeliat guru-guru BK di skolah gw seperti tong besar yang siap diisi oleh apapun juga. mreka itu -selaen masuk kelas dan ngajar- juga harus ngurusin anak-anak bermasalah, dengerin cerita anak-anak muridnya.. yaaaaah ibaratnya jadi temen sharing yang mungkin ga smua guru bisa lakuin.

disitulah awal gw tertarik sama dunia psikologi. gw jadi excited banget kalo lagi plajaran BK ato leadership. dengerin si guru jelasin tentang tempramen orang, kepribadian...... hal yang menarikkkk banget buat gw di saat temen-temen laen anggep plajaran BK cuma buat maen-maen abisin waktu.

gw suka belajar kepribadian. gw suka dengerin cerita orang. gw suka menebak-nebak sifat orang dan berusaha buat mentoleransi orang-orang karena kepribadian mereka yang unik.

salah satu hal yang paling bikin gw seneng adalah : ketika gw dipercaya orang laen buat dengerin ceritanya. tahu tidaaaaaaaak? mungkin buat orang-orang, dengerin cerita orang laen berjam-jam sangatlah membosankan. tapi gw justru seneng, karena dengan begitu, gw akan lebih mengenal orang itu. MENDENGARKAN ORANG LAIN adalah HAL YANG MENYENANGKAN buat gw :)

sampe akhirnya gw milih jurusan psikologi dengan PD-nya. excited banget pas awal-awal. walopun tugas banyak, stres sampe rambut rontok parah (hahahaha! kalian blom pernah kan ngerasain stres sampe rambut rontok? SAYA SUDAH! :DD) tapi gw seneng gw bisa belajar psikologi dan ketemu sama temen-temen se-peer gw yang menyenangkan (peer group : istilah di buku psikologi gw yang artinya teman sepermainan)

di tengah jalan, sempet ngerasa pengen pindah jurusan. ga tahan sama tugasnya yang menggila (padahal baru semester 2 waktu itu) tapi akhirnya kekhilafan gw mulai sembuh --> sadar kalo tiap jurusan juga punya kesusahannya masing-masing.. hahahahaha!

sampai sekaraaaaaaanggg.. TERIMA KASIH TUHAN YESUS, SAYA SUDAH SEMESTER 3!!! walopun masih ada 5 semester lagi buat jadi S.Psi. tapi gw ga menyangka gw masih waras sekarang.. HAHAHAHAHA! --> lebaaaaaaay!

jalan 3 semester belajar psikologi, gw makin belajar buat menghargai keunikan tiap-tiap orang. ya! tiap manusia diciptakan unik sama Penciptanya. bentuk fisik atau sifat tiap orang, semuanya unik! banyak hal penting yang gw dapet selama gw kuliah psikologi, dan gw masih harus banyak belajar tentang ini :
-belajar buat mengerti orang lain dengan keunikan sifatnya masing-masing,
-belajar buat toleransi "kejelekan" orang lain, dan kalo bisa mengubahnya! :)
-belajar lebih banyak diam dan mendengarkan,
-belajar lebih sabar ke orang lain,
-belajar buat lebih mikirin perasaan orang lain.

hahaha.. ada bagusnya juga sih gw kuliah psikologi. paling ngga, gw merasa kalo gw lebih berperasaan sekarang daripada dulu. kalo inget2 jaman ababil, gw itu udah kaya preman! ngomong ceplas ceplos ga mikirin orang laen. tapi skarang yaaaaah paling ngga (sedikit) mending lah! hahahaha :D

di semester 6 nanti bakal ada penjurusan lagi : psikologi industri organisasi (PIO), psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi sosial. dan sampe saat ini, gw cukup tertarik buat masuk psikologi klinis :)

kenapa klinis? karna gw bakal belajar tentang gifted children, anak-anak kebutuhan khusus (kaya autis gituuuu) --> gw tertarik banget deh sama beginian! :DD (ini terinspirasi dari cerita2 dosen psi.perkembangan gw yang jadi terapis buat anak2 kebutuhan khusus) tapi berhubung kemaren UTS psi.faal (yang isinya biologi) gw GATOT alias gagal total, gw jadi meragukan kesanggupan gw buat masuk klinis nanti. soalnya yang namanya KLINIS pasti berbau2 biologi =='

yaaaaah tak apa laaaah.. hidup butuh perjuangan toh? dapetin apa yang kita inginkan juga butuh perjuangan! hehehe.. jadi yaaah berjuaaaanngg sampai titik darah penghabisan! --> gila bijak banget gw tumben!

oh ya, gw juga heran kenapa yaaah banyak orang tua yang ga ijinin anaknya buat kuliah psikologi? gw tau ada beberapa temen gw yang mau masuk psikologi tapi ga diijinin sama ortunya dengan alasan : mau kerja jadi apa?!

halooooooo.. om, tante.. setelah anak kalian nanti jadi S.Psi, kerjaan mereka bukan cuma mentok di bagian HRD (Human Resources Development) di kantor2 doang koq. kebanyakan orang mikir, kalo jadi S.Psi yaaah artinya jadi HRD. tapi ngga koq! contohnya dosen gw, dia malah kerjaannya bikin iklan-iklan. masukin teori-teori psikologi ke dalam dunia periklanan supaya orang bisa tertarik sama produknya --> dan hidupnya makmur loh! hahahaha.. jadi jangan berpikir kalo lapangan kerja S.Psi tuh dikit! kalo kata dosen gw, "psikologi itu bisa masuk ke semua bidang, selama bidang itu ada manusia-nya" =))

gw sendiri? abis jadi S.Psi mau kerja apa? gw sendiri sebenernya blom pikirin mau kerja apa abis nanti lulus. soalnya gw masuk psikologi bukan buat nyari kerja, tapi karna hobi hehehehe :D .. dan puji Tuhan juga siiiiiih mama papa gw ga bawel nanti gw kerja apa abis lulus kuliah. malah mreka pikir, bisa dipake buat pelayanan! hahahaha.. thanks God for my parents! :')

ya gitu deeeeeh.. intinya, gw bersyukur mendapati diri gw lagi menapaki jalan menuju S.Psi. walopun gw bakal memasuki semester-semester neraka di depan mata, tapi gw tau gw sanggup lewatin smuanya sama Tuhaaaaaaannn :)

hwaaaaaaah.. lumayan panjang juga yah postingannya.. dan sekarang sudah jam 1 pagi! hahahaha..

oke deh kawan, selamat berjuang juga yah kalian menggapai cita2 sama seperti saya.. hahahaha.. SEMANGAAAAATT!! kalo stres gara2 tuntutan kuliah yang tinggi, ingaaaatt ada Tuhan yang akan memampukan kita :))

God bless us :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar