Kamis, 19 November 2009

psychology of L.O.V.E!

PSYCHOLOGY OF LOVE! yaaaaapp. gw dapet plajaran ini pas mata kuliah psikologi umum 1 hari slasa kmaren. seengganya gw ga ngantuk pas kelas kmaren gara2 plajaran ini. abis seru sih! hahaha. fyi, gw tuh SELALU ngantuk setiap matkul psiko umum 1 padahal dosennya ga bikin ngantuk. gw-nya aja x ya yg aneh. yasudahlah! wkwkwk.

THE ATTACHMENT THEORY OF LOVE! yeaaap. ini teori yg ada di buku gw. tyap orang itu punya tipe attachment yg beda2. ada yg secure, avoidant, dan anxious ambivalent.

-secure : gampang deket sama orang, jarang cemburuan

-avoidant : ga terlalu nyaman sama kedekatan

-anxious : lawannya avoidant.. menuntut kedekatan, cemburuan, emosional, posesif

nahh.. yang mana tipe attachment lo? :)

terusterusterusss. gw dikasi tau ttg STENBERG'S TRIANGLE OF LOVE.. apa lagi ini? ini tuh love ingredients yg terdiri dr intimacy, commitment, dan passion. macem2 ribet jelasinnya juga. kalo maw tau pinjem aja buku gw nih! hahahaha.

gw jg dikasi tau ttg facts about boys and girls niiihh.. syapa tau guna buat lu orang :D

- cewe dan cowo berbeda dlm mengekspresikan cinta.
kalo cowo lebih ke DOING, kalo cewe lebih ke SAYING. jadi, cewe tuh lebih suka digombalin pake "I LOVE YOU blablabla". dan kalo cowo lebih suka diperhatiin daripada digombalin pake kata2

- cewe dan cowo berbeda dalam mendefinisikan keintiman/kedekatan.
kalo cowo lebih suka kegiatan2 kaya nongkrong bareng, sedangkan cewe lebih suka berbagi perasaan. yaaah kaya curhat2 gitu deh, ngobrol2.

- cewe dan cowo pada awal hubungannya punya tujuan berbeda dalam milih pasangan.
kalo cowo nyari cewe yg romantis, buat minta diperhatiin, minta disayang2. tapi kalo cewe umumnya cenderung pragmatis, bukan cuma perhatian yang dituntut tp sebenernya mempertimbangkan standar hidup

sekarang PREDIKTOR dari cinta. apa ya maxudnya? maxudnya tuh, faktor2 yg secara ga langsung berpengaruh kalo kita jatuh cintrong sama orang. ada 2 prediktornya:
- proximity : orang cenderung milih pacar dari temen2 yang udah dikenalnya ato udah punya hubungan deket.

-similarity : sadar ato ngga, dalam memilih pasangan, orang tuh sebenernya milih pasangan yg mirip sm dirinya sendiri.

dan tahukah andaaaa.. dosen gw meneliti dan menemukan hasil kalo mahasiswa2 yg pacaran di kampus tuh banyak yg nomor absennya berdekatan. misalnya, absen 11 dan 12 pacaran.. ato 13 dan 15.. hahahha lucu jg sih! this is what we called PROXIMITY. kadang emang ga masuk akal sih.. masa nomor absen aja bs pengaruh? yahh entah itu kebetulan ato engga, tapi itu fakta loh! :)

hmm sebenernya masih banyak sih yg dibahas di PSYCHOLOGY OF LOVE di buku. tp sudahlah segini saja.. hahaha. ini lah kenapa gw pengen masuk psiko (walopun tugasnya banyak amit2!), kadang apa yg dikira "kebetulan" ternyata punya makna psikologisnya. hahahaha.
okelaaah kalo gitu. masih banyak tugas menunggu buat diladenin nih.. c u :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar